Kamis, 03 Maret 2016

Sharing Data menggunakan Hub / Switch

       


         Berikut langkah menghubungkan 4 komputer dengan kabel UTP Straight melalui sebuah hub:

     1.     Colokkan kabel UTP  yang sudah dibentuk  kabel straight ke port LAN card pada keempat komputer  dan dari setiap kabel Straight di 4 komputer sambungkan ke 1 Hub yang akan disharing datanya.



     2.     Sebelum melakukkan Sharing Data . Turn off firewall . Klik Star >> Control Panel >> System and Security >> Windows firewall >> turn Windows Firewall on or off. Maka akan tampil gambar seperti dibawah ini : 


     3.     Lalu Open Network dan Sharing Center. Cara nya klik star >> Control Panel >> Network and Internet >> Network and Sharing Center >>  Chage Adapter settings >> Ethernet.
 

     4.     Klik kanan Ethernet >> Properties >> klik 2x pilih  Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) >> Properties .seperti dibawah ini.




      5.     Lalu Samakan IP (internet Protocol ) 4 komputer tersebut. Pakai IP kelas C untuk mempermudah Pemasang IP   di Setiap Komputer ,lalu pilih OK setelah IP nya dibuat untuk menyimpan settingan IP nya. Seperti berikut ini: 

      6.     Untuk mengetahui apakah Keempat IP komputer tersebut sudah terhubung , dengan melakukan Ping dari setiap komputer untuk mengetahui apakah semua komputer sudah terhubung .


      7.     Dengan cara buka Command Prompt . Klik Star >> Lalu Ketik “ CMD “ seperti dibawah ini :
      IP komputer 1:

  
      IP komputer 2 :


  
      IP komputer 3 :


       IP komputer 4:

  
       8.     Ping IP address setiap Komputer contoh . ping dari komputer 1 yang IP address nya 192.168.1.2 ke IP addres komputer 2 yang IP 192.168.1.3. yaitu dengan Cara “ ping 192.168.1.3 . apabila terhubung gambar sebagai berikut ini :


       9.     Kemudian untuk sharing Data nya Sebagai berikut :
        9a. Misalkan , klik folder gambar yang akan di sharing . klik kanan >> Pilih Properties >> pada menubar pilih Sharing >> Klik terlebih dahulu Advaced sharing >> Centang Share this Folder pada Pojok kiri Atas >> lalu OK .




        9b. Setelah langkah diatas kemudian Pilih Share… >> yang diatas Advaced Sharing… >> pada menu kebawah pilih Everyone untuk membagi kesemua komputer >> klik Add >> pada menu Permission Level >> di name Everyone Pilih Read / Write . Seperti gambar dibawah ini :


        10.  Buka Network pada komputer 2 maka akan muncul Folder gambar yang di sharing. Seperti berikut :



        11.  Selesai , data gambar yang disharing bisa diambil oleh semua komputer yang terhubung.



0 komentar:

Posting Komentar